Jakarta – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menandai perjalanan 58 tahun dengan menegaskan transformasi perusahaan menuju AI TechCo yang berperan mendorong percepatan digitalisasi nasional.
Dengan mengusung tema 5triving 8eyond”, Indosat menempatkan teknologi kecerdasan artifisial sebagai fondasi utama untuk memperkuat pengalaman digital masyarakat Indonesia melalui layanan yang lebih cerdas dan inklusif.
Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison,
Vikram Sinha, menyampaikan, “Ulang tahun ke-58 menjadi refleksi perjalanan panjang Indosat sekaligus momentum menatap masa depan.
Ia menyebut ini adalah bukti bahwa Indosat terus melampaui batas sebagai AI TechCo, melalui inovasi dan solusi yang dibangun bersama ekosistem kolaboratif.
“Kami ingin memastikan setiap kemajuan teknologi membawa manfaat nyata bagi masyarakat, pelanggan, dan masa depan digital Indonesia”
Menurutnya, transformasi menuju AI TechCo diwujudkan melalui berbagai inisiatif strategis, salah satunya kampanye “AI untuk Kita Semua” yang memastikan teknologi AI dapat dirasakan secara inklusif
oleh seluruh lapisan masyarakat, salah satunya dengan implementasi Fitur Anti-Spam dan Fitur Anti-Scam berbasis AI.
Sejak diluncurkan tiga bulan lalu, sistem ini telah memblokir lebih dari 200 juta panggilan berisiko dan memberikan peringatan untuk lebih dari 90 juta pesan mencurigakan.
Rata-rata 11,5 juta pelanggan terlindungi setiap bulannya dari potensi penipuan digital.
Indosat juga memperluas pemanfaatan AI pada tingkat jaringan. Perusahaan resmi membuka AI-RAN Research Center di Surabaya, pusat inovasi jaringan Radio Access Network berbasis AI pertama di Asia yang dibangun bersama Nokia dan NVIDIA.
Kehadiran fasilitas ini menegaskan posisi Indonesia sebagai pelopor pengembangan jaringan cerdas berbasis AI di kawasan, sekaligus mendukung komitmen pemerintah untuk memperkuat kedaulatan digital menuju visi Indonesia Emas 2045.
Selain pengembangan teknologi, Indosat kembali merilis Empowering Indonesia Report 2025 bertema “Building Bridges of Tomorrow”.
Laporan ini menyoroti pentingnya AI berdaulat sebagai fondasi utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk penguatan infrastruktur jaringan, peningkatan talenta digital, dan tata kelola AI yang beretika.
EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison,
Fahd Yudhanegoro, menegaskan bahwa setiap langkah transformasi yang dilakukan perusahaan selalu kembali pada kebutuhan pelanggan.
Striving Beyond bagi kami berarti tidak pernah berhenti mencari cara untuk menghadirkan konektivitas yang lebih kuat dan relevan untuk kebutuhan masyarakat.”
Menurutnya, ulang tahun Indosat Ooredoo Hutchison
ke-58 menjadi pengingat bahwa seluruh inovasi dan peningkatan jaringan bertujuan menghadirkan pengalaman layanan yang lebih baik, kuat dan relevan bagi masyarakat.
“lebih baik untuk para pelanggan. Striving Beyond bagi kami berarti tidak pernah berhenti mencari cara untuk menghadirkan konektivitas yang lebih kuat dan relevan untuk kebutuhan masyarakat.”
Dalam rangka merayakan 58 tahun Indosat, berbagai penawaran spesial dihadirkan untuk pelanggan dari seluruh brand layanan Indosat, mulai dari Tri, IM3, hingga Indosat HiFi.
Untuk pelanggan Tri, tersedia promo paket data menarik, seperti isi ulang Happy 30GB 30 hari hanya Rp50.000 yang dapat dibeli di berbagai minimarket terdekat.
Pembelian paket isi ulang Happy pelanggan sudah terlindungi dari ancaman spam/scam calls dengan TRI AI Anti Spam/Scam dari Tri.
Tak hanya itu, untuk pelanggan setia Tri, juga dapat mendapatkan berbagai reward voucher belanja dan gaming dengan menukarkan point BonsTri di aplikasi bima+.
Pelanggan IM3 Platinum memperoleh tambahan kuota dengan harga spesial disertai perlindungan SATSPAM berbasis AIvolusi5G tanpa biaya tambahan.
Apresiasi khusus juga diberikan bagi pelanggan Indosat HiFi. Pelanggan dapat menikmati paket hemat 12 bulan cukup bayar 8 bulan, serta penawaran upgrade kecepatan dua kali lipat, dari 50Mbps menjadi 100Mbps selama 3 bulan.
Pada tanggal 20 November, pelanggan yang melakukan pembayaran melalui kanal resmi Indosat HiFi juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja khusus untuk 58 pelanggan pertama.
Indosat memastikan seluruh informasi dan layanan bantuan dapat diakses melalui call center, WhatsApp official, email, maupun kanal media sosial resmi dari Tri, IM3, dan Indosat HiFi.






